Abstrak penelitian

ABSTRAK

SUPRAPTO, EKO. 2012. Hubungan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas X SMA Al Azhaar Tulungagung Tahun Pembelajaran 2011/2012. Skripsi,Pendidikan Ekonomi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Tulungagung.
Pembimbing I : Drs, Siswo Subagyo, MPd
Pembimbing II: Drs, H. Luckman Sukadji, MM.

Setiap siswa pasti mempunyai cita-cita menjadi siswa yang sukses. Untuk menjadi siswa yang sukses setiap siswa harus berusaha untuk meraih keinginan yang di cita-citakannya.Cita-cita untuk menjadi pegawai terkadang juga tidak selalu terpenuhi. Berwirausaha merupakan jalan yang lebar bagi setiap orang. Dalam meraih cita-cita untuk menjadi seorang wirausaha siswa harus berusaha belajar dengan tekun dan giat. Dengan belajar secara tekun dan giat maka akan menjadikan prestasi seorang siswa akan semakin meningkat. Dengan prestasi tinggi maka akan semakin terbuka untuk meraih tujuan menjadi seorang wirausaha.
Permasalahan yang diteliti oleh penulis dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan dengan minat berwirausaha siswa kelas X SMA Al Azhaar Tulungagung tahun 2011/2012.
Untuk mengukur variabel-variabel dalam penelitian ini digunakan dua cara yaitu metode dokumen dan metode angket. Metode dokumen digunakan untuk mengukur besarnya prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan sedang metode angket digunakan untuk mengukur tingginya minat berwirausaha pada siswa.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X SMA Al Azhaar Tulungagung tahun 2011/2012, untuk mengetahui minat berwirausaha siswa kelas X SMA Al Azhaar Tulungagung tahun 2011/2012, dan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X SMA Al Azhaar Tulungagung tahun 2011/2012.
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kuantitatif, yang mana semua jenis data-data informasi yang terkumpul dalam bentuk angka-angka/numerik melalui skala instrumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Al Azhaar Tulungagung tahun pembelajran 2011/2012 yang berjumlah 34 siswa dengan rincian 21 Kelas XA dan 13 Kelas XB. Jumlah populasi sebanyak 34 siswa semua dijadikan responden dalam penelitian. Penelitian ini disebut penelitian sensus karena seluruh populasi yang ada diteliti semua.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier dengan menggunakan bantuan computer dengan mekanisme pengujian signifikansi nilai Fhitung ditentukan berdasarkan nilai signifikansi yang diperoleh dari perhitungan. Bila nilai signifikansi yang diperoleh dari perhitungan (Sig.) lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditetapkan (α), maka nilai Fhitung yang diperoleh signifikan, yang berarti hipotesis diterima. Taraf signifikansi yang diambil oleh peneliti α = 0,05.
Dari hasil perhitungan pada tabel Anova ternyata diperoleh nilai sig = 0,000 < dari α = 0,05 berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan dengan minat berwirausaha. Kemudian dari hasil perhitungan summary diperoleh hasil besarnya kontribusi prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha R Square = 0,683. Ini menyatakan bahwa pengaruh prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas X SMA Al Azhaar tahun 2011/2012 sebesar 68,3 % sedangkan yang sebesar 31,7 % dipengaruhi oleh faktor diluar prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan yang tidak diteliti oleh peneliti.
Disarankan alangkah baiknya jika Kepala Sekolah memberikan kebijaksanaan dan dorongan kepada siswa untuk belajar lebih tekun dan giat lagi khususnya untuk mata pelajaran kewirausahaan agar prestasi siswa bisa ditingkatkan sehingga akan memperbesar minatnya untuk menjadi seorang wirausaha setelah lulus. Bagi guru dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai motivasi untuk mengembangkan materi mata pelajaran kewirausahaan dalam teori maupun praktek sehingga siswa mempunyai kemampuan dan ketrampilan dalam berwirausaha, dan bagi siswa sendiri diharapkan mempunyai semangat untuk belajar lebih giat lagi sehingga dapat meningkatkan prestasinya terutama prestasi mata pelajaran kewirausahaan di sekolahnya.

Kata Kunci: Prestasi belajar, minat berwirausaha, Siswa kelas X SMA Al Azhaar Tulungagung

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: